Tante Cantik Gelapkan 12 Mobil

0

TABANAN – Kehidupan mewah yang dimiliki oleh wanita cantik, Wayan Ari Nuriani, 31, membuatnya terpaksa menghalaukan segala cara untuk dapat menunjukkan eksistensinya sebagai sosialita kelas atas. Namun sayangnya Sarjana Hukum yang satu ini malah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan 12 mobil rentcar di Tabanan dan di Denpasar.
Ke 12 mobil rentcar tersebut digelapkan mulai dari Bulan Maret 2015 hingga Juli 2015 di dua TKP berbeda yakni, di Jalan Sekar Tunjung VI Nomor 20 Denpasar, dengan korban I Wayan Sudharta, 24, yang merupakan pemilik mobil rentcar yang dijadikan jaminan peminjaman uang kepada I Gusti Bagus Anom Yudha Ardana, 43, di Taman Kota Banjar Lebah Delodan, Desa Dajan Peken, Tabanan.
Sumber di lingkungan Mapolres Tabanan menjelaskan jika pada tanggal 1 Maret 2015 lalu, tersangka mendatangi korban Anom dengan menyampaikan maksudnya untuk meminjam sejumlah uang yang akan digunakan untuk membuka usaha dengan jaminan mobil.
“Setelah diberikan uang pinjaman, tersangka datang lagi dengan mengganti mobil jaminan dan meminta tambahan pinjaman, dan begitu seterusnya. Mobil diganti setiap waktu dengan berbagai alasan, sampai dengan Juli 2015 tersangka sudah meminjam uang sebesar Rp 695 juta ,” terang sumber yang enggan dikorankan namanya tersebut.
Korban yang menaruh curiga kemudian mengecek mobil-mobil yang dijadikan jaminan oleh tersangka, dan ternyata mobil tersebut merupakan mobil sewaan milik rentcar disejumlah tempat. Begitupula dengan korban Sudharta yang sangat terkejut ketika mengetahui mobil yang disewakan malah dijadikan jaminan peminjaman uang oleh korban. Atas hal tersebut korban kemudian memutuskan untuk melaporkan penipuan dan penggelapan mobil sewaan miliknya ke Mapolres Tabanan.
Kasat Reskrim Polres Tabanan, AKP I Nyoman Sukanada seijin Kapolres Tabanan membenarkan perihal peristiwa tersebut. Dirinya menjelaskan jika pihaknya menerima laporan dari korban dengan nomor laporan LP-B/119/VIII/2015/Bali/Res.TB N tanggal 24 Agustus 2015 terkait penipuan dan penggelapan empat mobil rentcar milik korban Sudharta yang dilakukan oleh tersangka Wayan Ari Nuriani yang beralamat di Jalan Bakung Gang IV No. 40 Tohpati Denpasar. Keempat mobil yang dimaksud adalah dua unit mobil Avansa berwarna hitam, satu unit mobil Inova, dan satu unit mobil Daihatsu Agya berwarna hitam.
“Setelah korban melaporkan hal tersebut tersangka langsung menyerahkan diri dan bersikap kooperatif terhadap pihak pemilik rentcar dan kepolisian,” ujar AKP Sukanada yang ditemui di ruangannya Selasa kemarin (25/8).
Dari hasil interogasi, selain empat mobil sewaan milik korban Sudharta yang diperkirakan mengalami kerugian sebesar Rp 625 juta, masih ada delapan mobil sewaan lainnya yang dijadikan jaminan peminjaman uang oleh tersangka. “Delapan mobil sewaan lainnya itu berasal dari sejumlah rentcar di Jimbaran, Sesetan, dan Penatih, dan kini masih akan kita kembangkan. Dan saat ini baru berhasil kita sita sebanyak lima unit mobil,” lanjutnya.
Dirinya menambahkan jika dikalkulasi, total kerugian yang dialami seluruh pihak yang dirugikan oleh tersangka mencapai Rp 2,5 Miliar. Dan atas perbuatanya, tersangka dapat dijerat pasal 372 dan 378 KUHP atas tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.
Sementara itu, saat diperiksa tersangka mengaku terpaksa melakukan tindakan tersebut karena tuntutan kehidupan mewah yang dijalaninya. Mantan Pimpinan Cabang sebuah bank di Tabanan tersebut mengaku menggunakan uang yang dipinjamnya untuk berfoya-foya. “ Untuk belanja, kan tas saya branded semua, terus jalan-jalan keluar Kota, sebulan bisa tiga kali. Terus untuk bayar tagihan kartu kredit, saya punya kartu kredit tujuh limitnya Rp 250 juta,” tuturnya santai.(*)

image

Share.

About Author

Leave A Reply