Delapan Baliho Paslon Diberangus Satpol PP

0

Tabanan – Sehari jelang pembukaan masa kampanye Pilkada 2015, alat peraga sosialisasi pasangan calon, Rabu (26/8) kembali diberangus tim yustisi Pemkab Tabanan. Kegiatan penertiban alat peraga tersebut merupakan instruksi langsung Penjabat Bupati Tabanan setelah sebelumnya panwaslu Tabanan melayangkan surat tertulis terkait upaya penertiban sejumlah alat peraga yang masih marak di ruas jalan utama.

Hasilnya dari sejumlah titik di wilayah Kota Tabanan, petugas menurunkan delapan alat peraga sosialisasi yang selanjutnya dibawa ke kantor Panwaslu Tabanan. Upaya ini juga dilakukan untuk mewujudkan jalannya tahapan pelaksanaan Pilkada yang tertib, aman dan damai.

“Kami sifatnya hanya membackup panwaslu, membantu menurunkan atribut yang masih terpasang. Dan ini sesuai instruksi langsung dari pimpinan,”ujar Kasatpol PP Wayan Sarba, Rabu (26/8).

Terkait masih banyaknya alat peraga sosialisasi di pelosok-pelosok, dirinya mengakui kemungkinan masih banyak terpasang. Hanya saja jika semua itu dilimpahkan ke Satpol PP tentu tidak bisa menjangkau semuanya karena terbatasnya anggota. “Kita tidak mungkin hanya urus itu itu saja, karena tugas satpol PP masih banyak yang lainnya. Meski demikian jika ada perintah atau instruksi kami siap turun membantu,”ucapnya.

Mantan Kabag Humas Pemkab Tabanan ini berharap untuk kegiatan penurunan alat peraga sosialisasi di pelosok-pelosok paling tidak dirinya menghimbau agar Panitia Pengawas pemilih (panwaslih,red) bisa berkoordinasi dengan kecamatan untuk melakukan penurunan terhadap atribut peraga yang masih marak terpasang. “Kecamatan melalui kasi trantib yang dimilikinya tentu bisa menindaklanjutinya,”himbaunya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Tabanan, Made Rumada mengatakan, upaya penurunan alat peraga sosialisasi ini sebenarnya kelanjutan dari kesepakatan yang telah ditandatangi oleh kedua tim paket pacalon. Dimana setelah penetapan pacalaon, masing-masing tim diharapkan untuk segera menurunkan atribut alat peraga yang masih terpasang di ruas jalan. Bahkan pihaknya sudah memberikan deadline agar sebelum dibukanya masa kampanye atribut tersebut sudah diturunkan.

“Terkait masih banyak alat peraga yang terpasang di ruas jalan, kami juga telah bersurat kepada pimpinan daerah agar bisa menindaklanjuti hal tersebut. dan ini mendapatkan respon langsung pimpinan daerah yang kemudian menginstruksikan jajaran Satpol PP untuk segera melakukan penertiban,”ucapnya.

Sementara untuk alat peraga yang masih terpasang di pelosok wilayah di kecamatan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan panwaslih untuk melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan agar bisa segera menertibkan alat peraga tersebut. “Kami ingin dalam tahapan pilkada kali ini bisa berjalan aman, damai dan tertib,”pungkasnya(*)

Share.

About Author

Leave A Reply