Kesehatan

0

Percepat Sanitasi Pemukiman, Pokja Sanitasi Kabupaten Tabanan Berguru ke Pokja Sanitasi Kota Surabaya

Tabanan – Guna mempercepat Program Percepatan Sanitasi Permukiman ( PPSP ), Pokja sanitasi Kabupaten Tabanan melakukan studi banding ke Pokja Kota Surabaya, Selasa ( 3/11). Rombongan Pokja Kabupaten Tabanan dipimpin oleh Sekkab Tabanan dan diterima oleh Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Pemerintah Kota Surabaya Heru Apedianto.

Wirna Ariwangsa dalam kesempatan terseabut mengatakan pelaksanaan PPSP yang telah dilaksanakan Kabupaten Tabanan sejak tahun 2010, masih mengalami banyak hambatan dan kendala sehingga diperlukan penguatan kelembagaan serta study banding ke daerah yang dianggap telah sukses melaksanakan program ini. “ Kami memilih Kota Surabaya sebagai daerah tujuan studi banding karena kami melihat pelaksanaan program PPSP sudah berjalan dengan baik di Kota ini,” ujarnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Surabaya serta Pokja Sanitasi Kota Surabaya yang telah menerima rombongan dengan sangat baik. “ Kami berharap studi banding yang kami lakukan, mampu memberikan pembekalan bagi Pokja sanitasi Kabupaten Tabanan dalam penyusunan dan implementasi program dan kegiatan sektor sanitasi,” imbuhnya.

Ditambahkan, Kabupaten Tabanan termasuk wilayah Kawasan Strategis Nasional Denpasar-Badung-Gianyar-Tabanan ( KSN Sarbagita), sehingga pelayanan sanitasi pun banyak difokuskan untuk kawasan tersebut yaitu di Kecamatan Tabanan dan Kediri. “ Di Kecamatan Tabanan dan Kediri masih banyak terdapat daerah kumuh yang membutuhkan penanganan serius khususnya masalah sanitasi,” ujarnya.

Menurut Wirna, Kabupaten Tabanan dikenal sebagai lumbung beras Bali yang menitikberatkan pembangunan di sektor pertanian. Hal ini memberikan tantangan tersendiri dimana dengan penduduk yang mayoritas petani, sehingga sanitasi belum menjadi isu utama bagi masyarakat. “ Inovasi dari kota Surabaya dalam menggugah kesadaran masyarakat dalam pembangunan sanitasi akan menjadi pembelajaran penting bagi Kabupaten Tabanan,” ungkapnya.

Sementara Heru Apedianto dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi karena Kota Surabaya sudah dipilih Pemkab Tabanan untuk menjadi percontohan dalam bidang sanitasi. Menurutnya, Kota Surabaya sudah sukses meraih penghargaan tingkat nasional di bidang sanitasi. Menurutnya, kesuksesan ini tidak terlepas darri peran serta seluruh elemen masyarakat Surabaya. “ Kesuksesan yang kami raih tidak terlepas dari peran semua pihak. Kami berharap nantinya apa yang kami raih bisa kami tularkan pula ke Kabupaten Tabanan,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap jalinan silaturahmi antara Pemkot Surabaya dan Pemkab Tabanan akan terus terjalin ke depannya, tidak hanya di bidang sanitasi saja namun kerjasama di bidang lainnya juga. “ Mudah-mudahan jalinan kerjasama akan terus berlanjut di bidang lainnya. Kami juga akan belajar banyak dari Pemkab Tabanan terutama tentang masalah pertanian,” imbuhnya.

Studi banding diakhiri dengan kunjungan lapangan ke instalasi limbah cair di Jalan Keputih Sukolilo Surabaya. (*)

Share.

About Author

Leave A Reply